1 Korintus 16:10-18: Beberapa Pemberitahuan

Klik:

1 Corinthians / 1 Korintus 16:10-18

1Co 16:10 Jika Timotius datang kepadamu, usahakanlah supaya ia berada di tengah-tengah kamu tanpa takut, sebab ia mengerjakan pekerjaan Tuhan, sama seperti aku.

1Co 16:11 Jadi, janganlah ada orang yang menganggapnya rendah! Tetapi tolonglah dia, supaya ia melanjutkan perjalanannya dengan selamat, agar ia datang kembali kepadaku, sebab aku di sini menunggu kedatangannya bersama-sama dengan saudara-saudara yang lain.

1Co 16:12 Tentang saudara Apolos: telah berulang-ulang aku mendesaknya untuk bersama-sama dengan saudara-saudara lain mengunjungi kamu, tetapi ia sama sekali tidak mau datang sekarang. Kalau ada kesempatan baik nanti, ia akan datang.

1Co 16:13 Berjaga-jagalah! Berdirilah dengan teguh dalam iman! Bersikaplah sebagai laki-laki! Dan tetap kuat!

1Co 16:14 Lakukanlah segala pekerjaanmu dalam kasih!

1Co 16:15 Ada suatu permintaan lagi kepadamu, saudara-saudara. Kamu tahu, bahwa Stefanus dan keluarganya adalah orang-orang yang pertama-tama bertobat di Akhaya, dan bahwa mereka telah mengabdikan diri kepada pelayanan orang-orang kudus.

1Co 16:16 Karena itu taatilah orang-orang yang demikian dan setiap orang yang turut bekerja dan berjerih payah.

1Co 16:17 Aku bergembira atas kedatangan Stefanus, Fortunatus dan Akhaikus, karena mereka melengkapi apa yang masih kurang padamu;

1Co 16:18 karena mereka menyegarkan rohku dan roh kamu. Hargailah orang-orang yang demikian!

Tafsiran Wycliffe

Aneka Penghargaan, Nasihat, Salam dan Berkat (16:10-24).

Rencana kunjungannya mengingatkan sang rasul pada dua orang yang telah membantunya melayani di Korintus, yakni Timotius dan Apolos.

10-11. Jika Timotius datang, memperhitungkan kemungkinan terjadi kesulitan di sepanjang jalan (bdg. 4:17; Kis. 19:22).

Timotius masih muda dan rupanya agak malu-malu (I Tim. 4:12; 5:21-23; II Tim. 1:6-8; 2:1, 3, 15; 4:1, 2), tetapi dia adalah seorang pekerja yang setia.

Sulit untuk membayangkan penghargaan yang lebih tinggi baginya selain pujian Paulus: ia mengerjakan pekerjaan Tuhan, sama seperti aku.

12. Sekalipun Paulus mungkin memiliki alasan untuk iri hati terhadap Apolos (bdg. 1:12), dia tidak bersikap demikian terhadap orang Alexandria yang sangat berbakat dan menarik itu.

Paulus juga tidak memiliki wewenang atas diri Apolos, sebab sekalipun Paulus telah berulang-ulang mendesaknya untuk mengunjungi jemaat di Korintus, namun Apolos menganggap belum waktunya dan tidak datang.

13. Ayat ini mengawali serangkaian nasihat bagi jemaat di Korintus.

Empat nasihat pertama memanfaatkan istilah militer; sesungguhnya bersikaplah sebagai laki-laki, mengingatkan orang pada seruan untuk bertempur dari bangsa Filistin (bdg. I Sam. 4:9).

Setiap perintah di dalam ayat ini dan satu perintah dalam ayat berikutnya, memakai bentuk waktu sekarang, sehingga mengungkapkan serangkaian tindakan yang sifatnya berkesinambungan.

15-16. Stefanus dan keluarganya (bdg. 1:16).

Mengabdikan diri, mengacu kepada "sebuah tugas yang dilakukan tanpa ada yang menyuruh" (ICC, hlm. 395).

17-18. Stefanus, Fortunatus dan Akhaikus, mungkin adalah pembawa surat jemaat Korintus kepada Paulus (bdg. 7:1).

Rohku dan roh kamu, mengacu kepada penyegaran Paulus dan penyegaran mereka ketika mendengar laporan dari para wakil mereka, ketika tiba kembali dan membaca surat ini.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel