Ibrani 1:5-14: ANAK ALLAH Lebih Tinggi dari pada Malaikat-malaikat

Klik:

Hebrews / Ibrani 1:5-14

Heb 1:5 Karena kepada siapakah di antara malaikat-malaikat itu pernah Ia katakan: "Anak-Ku Engkau! Engkau telah Kuperanakkan pada hari ini?" dan "Aku akan menjadi Bapa-Nya, dan Ia akan menjadi Anak-Ku?"

Heb 1:6 Dan ketika Ia membawa pula Anak-Nya yang sulung ke dunia, Ia berkata: "Semua malaikat Allah harus menyembah Dia."

Heb 1:7 Dan tentang malaikat-malaikat Ia berkata: "Yang membuat malaikat-malaikat-Nya menjadi badai dan pelayan-pelayan-Nya menjadi nyala api."

Heb 1:8 Tetapi tentang Anak Ia berkata: "Takhta-Mu, ya Allah, tetap untuk seterusnya dan selamanya, dan tongkat kerajaan-Mu adalah tongkat kebenaran.

Heb 1:9 Engkau mencintai keadilan dan membenci kefasikan; sebab itu Allah, Allah-Mu telah mengurapi Engkau dengan minyak sebagai tanda kesukaan, melebihi teman-teman sekutu-Mu."

Heb 1:10 Dan: "Pada mulanya, ya Tuhan, Engkau telah meletakkan dasar bumi, dan langit adalah buatan tangan-Mu.

Heb 1:11 Semuanya itu akan binasa, tetapi Engkau tetap ada, dan semuanya itu akan menjadi usang seperti pakaian;

Heb 1:12 seperti jubah akan Engkau gulungkan mereka, dan seperti persalinan mereka akan diubah, tetapi Engkau tetap sama, dan tahun-tahun-Mu tidak berkesudahan."

Heb 1:13 Dan kepada siapakah di antara malaikat itu pernah Ia berkata: "Duduklah di sebelah kanan-Ku, sampai Kubuat musuh-musuh-Mu menjadi tumpuan kaki-Mu?"

Heb 1:14 Bukankah mereka semua adalah roh-roh yang melayani, yang diutus untuk melayani mereka yang harus memperoleh keselamatan?

Tafsiran Wycliffe

Kristus "Lebih Besar Daripada"; Alasan Pendukung Keunggulan (1:5-7:28).

Pokok pemikiran yang diperkenalkan di 1:4, kini diperluas dengan tujuh kutipan dari Perjanjian Lama.

Di antara tujuh kutipan ini, lima di antaranya menunjukkan keunggulan Kristus.

5. Pikiran yang dikemukakan di sini adalah sebuah penjelasan yang dikemukakan dari kebisuan, dan Ia adalah Allah.

Tidak pernah Allah mengatakan kepada seorang malaikat, bahwa ia (si malaikat) adalah Anak-Nya.

Hanya kepada Kristus dan tentang Kristus hal itu dikatakan oleh Allah (lih. Mzm. 2:7; II Sam. 7:14).

Di dalam kedua nas tersebut, makna aslinya diberi arti yang lebih mulia atau lebih tinggi, sehingga kedua nas tersebut (dan nas lainnya sesudah ini) mengandung arti tipologis.

Di dalam Mazmur 2:7, sebuah perayaan tahunan (Ibr. 1:5a dst.) diadakan untuk berbicara tentang Kristus.

Dan kata-kata yang diucapkan mengenai Salomo pada II Samuel 7:14, dikenakan kepada Yesus, Sang Putra, bahkan seperti lebih berlaku untuk-Nya.

Pemakaian tipologis di dalam hal ini benar; sebab Kristus adalah antitipenya, suatu kenyataan yang berlaku sepanjang surat Ibrani ini dalam penafsiran tipologi sang penulis.

6. Baik Ulangan 32:43 (LXX) maupun Mazmur 97:7 berbicara tentang malaikat yang menyembah Kristus, Sang Putra.

Pemazmur juga berbicara tentang adanya pancaran kemuliaan (97:6) yang sesuai dengan cahaya kemuliaan di 1:3, 7.

Di sini disajikan dua buah konsep: (1) bahwa malaikat merupakan makhluk yang diciptakan atau berkedudukan lebih rendah dari yang mencipta - yang membuat; dan (2) bahwa malaikat adalah pelayan sebagaimana halnya badai dan api adalah pelayan.

Dengan demikian, pengertian bahwa malaikat menyembah Kristus karena mereka adalah bawahan-Nya, ditekankan ulang.

Mazmur 104:4, dengan demikian disajikan sebagai bukti subordinasi para malaikat.

8-9. Kristus disebut sebagai Allah dan sebagai Raja, atau sebagai Yang Berdaulat.

Sebagaimana dijanjikan di dalam perjanjian Allah dengan Daud, di sini ada Putra Daud yang lebih besar sedang memerintah sebagai Raja, dan pemerintahan-Nya bersifat abadi.

Ciri dari kepemimpinan-Nya sebagai Raja ialah adanya keadilan, kebenaran dan kebencian akan kefasikan - sifat-sifat yang hanya mungkin dimiliki oleh suatu pemerintahan yang benar.

Di dalam kedudukan ini, Kristus melebihi atau unggul terhadap segala bentuk kekuasaan yang lain, dan secara khusus terhadap malaikat.

Di dalam menduduki kedudukan mulia dan terhormat ini, Allah telah mengurapi Kristus dan bukan menugaskan Dia, dan pengurapan tersebut ialah pengurapan Christus Victor - Pemenang yang memerintah untuk selama-lamanya.

10-12. Dari Mazmur 102:25-27. Berbicara tentang Kristus, Sang Putra, yang selaku Khalik telah menciptakan dunia dan yang bersifat tidak berubah di antara segala sesuatu yang berubah.

Kenyataan ini juga melukiskan suatu kontras yang tajam di antara Kristus dengan malaikat.

Mereka diciptakan dengan bentuk jasmani dan melayani dunia selaku utusan Allah.

Kristus bersifat kekal, melampaui dunia, karena Ia ada sebelum dan sesudah dunia diciptakan.

Penjelasan ini diambil dari sebuah mazmur yang oleh para penafsir dari kalangan para rabi, tidak dianggap sebagai Mesianis.

Dengan digunakan sedemikian oleh si penulis, maka mazmur ini lebih lanjut menggambarkan keunggulan Kristus.

Tahun-tahun-Mu tidak berkesudahan. Tahun-tahun-Mu tidak akan pernah berakhir atau berhenti berlanjut.

13. Berbeda dengan para malaikat, yang tidak pernah disuruh duduk di sebelah kanan Allah, Kristus kini duduk di situ sebagai Penguasa dan Raja, yaitu Dia yang adalah Allah - Manusia, Mesias Abadi yang tidak pernah berubah.

Dia akan terus duduk di situ hingga puncak kemenangan-Nya, yaitu ketika musuh-musuh-Nya dijadikan menjadi tumpuan kaki-Nya.

Konsep ini mengacu balik kepada Yosua yang meletakkan kakinya di atas tengkuk para raja yang dikalahkan sebagai tanda kemenangan mutlak.

Jadi, nas ini memberi harapan kepada semua orang percaya, bahwa Kristus akan menang atas semua bentuk ketidakbenaran.

14. Semua malaikat, sebagaimana ditunjukkan oleh kata-kata mereka semua, bertugas melayani; tetapi pelayanan mereka merupakan pelayanan suci atau pelayanan "liturgis" (leithourgika), dan melayani manusia (diakonia).

Jadi, malaikat adalah roh-roh yang melayani orang-orang yang harus memperoleh keselamatan, atau orang-orang saleh.

Tersirat, bahwa pelayanan malaikat ini masih berlanjut terus.

Kata keselamatan (soteriun), disimpan oleh sang penulis untuk dikembangkan di suatu tempat yang lain.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel