Yosua dan Eleazar Mati dan Dikuburkan - Tulang-tulang Yusuf Dikuburkan

Setelah belajar perikop Pembaruan Perjanjian di Sikhem dari kitab Yosua, maka sekarang kita belajar perikop lanjutannya, yakni Yosua dan Eleazar Mati dan Dikuburkan - Tulang-tulang Yusuf Dikuburkan yang merupakan perikop terakhir dari kitab ini.

Berikut ini tampilan ayat-ayat Firman Tuhan dalam Kitab Yosua (Joshua 24:29-33 dengan judul perikop Yosua dan Eleazar Mati dan Dikuburkan - Tulang-tulang Yusuf Dikuburkan).

Kita belajar perikop Yosua dan Eleazar Mati dan Dikuburkan - Tulang-tulang Yusuf Dikuburkan ini dengan menggunakan tafsiran / catatan Wycliffe. Semua ayat dikutip dalam bentuk tulisan italic warna biru, sedangkan tafsiran / komentar dalam tulisan biasa.

Ayat Akitab dikutip dari software e-Sword, sedangkan komentarinya dari situs Alkitab.sabda.org. Yuk kita belajar.

Yosua dan Eleazar Mati dan Dikuburkan - Tulang-tulang Yusuf Dikuburkan (Kitab Yosua 24:29-33)


Jos 24:29 Dan sesudah peristiwa-peristiwa ini, maka matilah Yosua bin Nun, hamba TUHAN itu, ketika berumur seratus sepuluh tahun.

Jos 24:30 Lalu ia dikuburkan di daerah milik pusakanya, di Timnat-Serah yang di pegunungan Efraim, di sebelah utara gunung Gaas.

Jos 24:31 Orang Israel beribadah kepada TUHAN sepanjang zaman Yosua dan sepanjang zaman para tua-tua yang hidup lebih lama dari pada Yosua, dan yang mengenal segenap perbuatan yang dilakukan TUHAN bagi orang Israel.

Jos 24:32 Tulang-tulang Yusuf, yang dibawa orang Israel dari Mesir, dikuburkan mereka di Sikhem, di tanah milik yang dibeli Yakub dengan harga seratus kesita dari anak-anak Hemor, bapa Sikhem, dan yang ditentukan bagi bani Yusuf menjadi milik pusaka mereka.

Jos 24:33 Juga Eleazar bin Harun mati, dan dia dikuburkan di bukit yang diberikan kepada Pinehas, anaknya itu, di pegunungan Efraim.


Lampiran: Kematian Yosua dan Perilaku Israel Sesudahnya (24:29-33)


Ketika meninggal, Yosua pastilah sangat dihormati sebab hasil dari pengaruh kesalehannya diutarakan di ayat 31 - Israel beribadah kepada Tuhan sepanjang zaman dan sepanjang zaman para tua-tua yang hidup lebih daripada Yosua, yaitu para tua-tua yang telah dinasihatinya dengan demikian kuat, sesuai pasal 23.

32. Penguburan tulang-tulang Yusuf (bdg. Kej. 50:25, 26; Kel. 13:19) mungkin telah dilaksanakan jauh sebelum kematian Yosua, namun penulis yang diilhami "menempatkan kisah itu di sini, yang melambangkan pada akhir kitab ini pesan dari keseluruhan Kitab Yosua, yakni kesetiaan Allah" (Blair, New Bible Commentary, hlm. 235).

33. Kematian imam besar Eleazar, putra dan pengganti Harun, dicatat bersamaan dengan kematian Yosua, pengganti Musa, untuk menunjukkan berakhirnya era tersebut (bdg. 20:6 dan taf. atas 20:1-9).

Perikop Selanjutnya: Keadaan Orang Israel Setelah Yosua Mati.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel