Isaiah 40:1-11: Berita Kelepasan

Klik:

Isaiah 40:1-11


Isa 40:1 Hiburkanlah, hiburkanlah umat-Ku, demikian firman Allahmu,

Isa 40:2 tenangkanlah hati Yerusalem dan serukanlah kepadanya, bahwa perhambaannya sudah berakhir, bahwa kesalahannya telah diampuni, sebab ia telah menerima hukuman dari tangan TUHAN dua kali lipat karena segala dosanya.

Isa 40:3 Ada suara yang berseru-seru: "Persiapkanlah di padang gurun jalan untuk TUHAN, luruskanlah di padang belantara jalan raya bagi Allah kita!

Isa 40:4 Setiap lembah harus ditutup, dan setiap gunung dan bukit diratakan; tanah yang berbukit-bukit harus menjadi tanah yang rata, dan tanah yang berlekuk-lekuk menjadi dataran;

Isa 40:5 maka kemuliaan TUHAN akan dinyatakan dan seluruh umat manusia akan melihatnya bersama-sama; sungguh, TUHAN sendiri telah mengatakannya."

Isa 40:6 Ada suara yang berkata: "Berserulah!" Jawabku: "Apakah yang harus kuserukan?" "Seluruh umat manusia adalah seperti rumput dan semua semaraknya seperti bunga di padang.

Isa 40:7 Rumput menjadi kering, bunga menjadi layu, apabila TUHAN menghembusnya dengan nafas-Nya. Sesungguhnyalah bangsa itu seperti rumput.

Isa 40:8 Rumput menjadi kering, bunga menjadi layu, tetapi firman Allah kita tetap untuk selama-lamanya."

Isa 40:9 Hai Sion, pembawa kabar baik, naiklah ke atas gunung yang tinggi! Hai Yerusalem, pembawa kabar baik, nyaringkanlah suaramu kuat-kuat, nyaringkanlah suaramu, jangan takut! Katakanlah kepada kota-kota Yehuda: "Lihat, itu Allahmu!"

Isa 40:10 Lihat, itu Tuhan ALLAH, Ia datang dengan kekuatan dan dengan tangan-Nya Ia berkuasa. Lihat, mereka yang menjadi upah jerih payah-Nya ada bersama-sama Dia, dan mereka yang diperoleh-Nya berjalan di hadapan-Nya.

Isa 40:11 Seperti seorang gembala Ia menggembalakan kawanan ternak-Nya dan menghimpunkannya dengan tangan-Nya; anak-anak domba dipangku-Nya, induk-induk domba dituntun-Nya dengan hati-hati.


Tafsiran Wycliffe


1-11. Di sini Roh Allah mewartakan penghiburan ilahi.

Tidak ada petunjuk yang jelas dalam pasal ini (demikian juga Yes. 41; 42) mengenai apa yang telah menimpa Israel.

Tidak disinggung secara khusus tentang pembuangan atau pemulihan negeri tersebut.

Hanya dinyatakan, bahwa Israel akan menghadapi wajib militer (Alkitab Indonesia: perhambaan) yang berat dan akan menerima hukuman dua kali lipat dari Allah karena dosa-dosanya.

1. Umat-Ku. Ekspresi penuh kemurahan dari Allah yang penuh belas kasih dan yang menepati janji.

Hiburkanlah. Suatu permohonan kepada semua nabi Allah, mulai zaman Yesaya sampai menjelang pembuangan.

2. Dua kali lipat, barangkali yang dimaksud:

(a) hukuman sementara, yaitu 70 tahun dalam pembuangan,

(b) hukuman kekal yang dijatuhkan kepada pribadi Kristus, sang Pemikul Dosa di Kalvari.

3. Pengertiannya di sini adalah, bahwa TUHAN (Yahweh) akan kembali ke Yerusalem melalui jalur padang gurun yang juga dilalui orang-orang buangan yang pulang dari Babel, dan bahwa persiapan yang patut untuk kedatangan-Nya adalah menyingkirkan hambatan-hambatan serta meluruskan jalan.

Tetapi, dari pemakaian ayat ini oleh Matius untuk pelayanan Yohanes Pembaptis (Mat. 3:3), gambaran-gambaran geografis ini jelas melambangkan jiwa orang tidak bertobat yang kering tanpa kehidupan.

Karenanya, gunung dan bukit di sini mencerminkan kesombongan orang berdosa yang penuh kedagingan, sementara lembah-lembah mengiaskan keadaan jiwanya yang kasihan diri dan tanpa pengharapan.

5. Kemuliaan TUHAN akan dinyatakan melalui:

(a) ketetapan Koresy membebaskan orang-orang buangan dari penawanan di Babel dan memulangkan (memulihkan) mereka ke negeri perjanjian;

(b) tindakan Kristus membebaskan manusia dari perhambaan Iblis untuk kemudian menjadikan mereka keluarga Allah.

Seluruh umat manusia. Semua manusia akan menyaksikan campur tangan ilahi ini demi kepentingan umat tebusan.

6, 7. Dilihat dari dirinya sendiri, manusia adalah lemah dan fana, keindahannya segera akan layu.

Hidupnya tidak memiliki martabat dan arti yang nyata. Tetapi, Firman Allah itu kekal dan sempurna, mengajarkan arti hidup dan kemuliaan yang tidak dapat binasa.

9-11. Hai Sion, pembawa kabar baik (yakni, pemberita Injil).

Yerusalem, Kota Kudus itu, harus memberitakan kedatangan TUHAN kepada semua kota Yehuda.

10. Dengan tangan-Nya Ia berkuasa. Kata-kata, mereka yang diperoleh-Nya, berarti upah-Nya atau ganjaran-Nya, yakni keuntungan bagi orang saleh dan pembalasan bagi orang fasik.

11. Ia menggembalakan ... menghimpun ... ; dipangku-Nya, ... dituntun-Nya. Sebuah gambaran indah mengenai apa yang kemudian hari dilakukan Tuhan Yesus Kristus sepanjang hidup-Nya.

Sumber bahan: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel