Yohanes 6:22-24: Orang Banyak Mencari Yesus

Klik:

Joh / Yohanes 6:22-24


Joh 6:22 Pada keesokan harinya orang banyak, yang masih tinggal di seberang, melihat bahwa di situ tidak ada perahu selain dari pada yang satu tadi dan bahwa Yesus tidak turut naik ke perahu itu bersama-sama dengan murid-murid-Nya, dan bahwa murid-murid-Nya saja yang berangkat.

Joh 6:23 Tetapi sementara itu beberapa perahu lain datang dari Tiberias dekat ke tempat mereka makan roti, sesudah Tuhan mengucapkan syukur atasnya.

Joh 6:24 Ketika orang banyak melihat, bahwa Yesus tidak ada di situ dan murid-murid-Nya juga tidak, mereka naik ke perahu-perahu itu lalu berangkat ke Kapernaum untuk mencari Yesus.


Tafsiran Wycliffe


Pemberian Makan Lima Ribu Orang dan Khotbah Tentang Roti Hidup (6:1-71).

Beberapa sarjana yang mendukung pendapat, bahwa pasal 5 dan 6 sudah diubah urutannya, telah mengemukakan beberapa keuntungan tertentu dari pengubahan tersebut.

Tetapi, tidak adanya bukti dari naskah tentang hal tersebut, merupakan halangan berat untuk menerima pandangan ini.

Mukjizat yang ada di hadapan kita saat ini merupakan satu-satunya "tanda" yang dicatat semua Injil.

Markus dan Lukas menyebutkan, bahwa Yesus mengajar kepada orang banyak sebelum terjadi mukjizat ini, tetapi Yohanes sendiri yang mencatat khotbah Yesus pada keesokan harinya.

22-25. Mungkin badai yang menghalangi orang-orang itu untuk meninggalkan wilayah tempat Yesus Memberi Makan Lima Ribu Orang, ditambah dengan dugaan, bahwa Yesus masih ada di sekitar tempat itu.

Keinginan untuk menjadikan Dia sebagai pemimpin dan penyalur kebutuhan mereka masih sangat kuat.

Melihat bahwa Dia belum pergi bersama dengan murid-murid-Nya, mereka bingung karena tidak mengetahui apa yang sedang dilakukan-Nya.

Ketika mereka gagal mencari Dia di wilayah itu, dan ada perahu-perahu tiba dari Tiberias, orang-orang itu bertekad untuk berlayar ke seberang, ke Kapernaum dengan harapan dapat menemukan Yesus di sana.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel