Yohanes 12:20-36: Yesus Memberitakan Kematian-Nya

Klik:

Joh / Yohanes 12:20-36


Joh 12:20 Di antara mereka yang berangkat untuk beribadah pada hari raya itu, terdapat beberapa orang Yunani.

Joh 12:21 Orang-orang itu pergi kepada Filipus, yang berasal dari Betsaida di Galilea, lalu berkata kepadanya: "Tuan, kami ingin bertemu dengan Yesus."

Joh 12:22 Filipus pergi memberitahukannya kepada Andreas; Andreas dan Filipus menyampaikannya pula kepada Yesus.

Joh 12:23 Tetapi Yesus menjawab mereka, kata-Nya: "Telah tiba saatnya Anak Manusia dimuliakan.

Joh 12:24 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya jikalau biji gandum tidak jatuh ke dalam tanah dan mati, ia tetap satu biji saja; tetapi jika ia mati, ia akan menghasilkan banyak buah.

Joh 12:25 Barangsiapa mencintai nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya, tetapi barangsiapa tidak mencintai nyawanya di dunia ini, ia akan memeliharanya untuk hidup yang kekal.

Joh 12:26 Barangsiapa melayani Aku, ia harus mengikut Aku dan di mana Aku berada, di situpun pelayan-Ku akan berada. Barangsiapa melayani Aku, ia akan dihormati Bapa.

Joh 12:27 Sekarang jiwa-Ku terharu dan apakah yang akan Kukatakan? Bapa, selamatkanlah Aku dari saat ini? Tidak, sebab untuk itulah Aku datang ke dalam saat ini.

Joh 12:28 Bapa, muliakanlah nama-Mu!" Maka terdengarlah suara dari sorga: "Aku telah memuliakan-Nya, dan Aku akan memuliakan-Nya lagi!"

Joh 12:29 Orang banyak yang berdiri di situ dan mendengarkannya berkata, bahwa itu bunyi guntur. Ada pula yang berkata: "Seorang malaikat telah berbicara dengan Dia."

Joh 12:30 Jawab Yesus: "Suara itu telah terdengar bukan oleh karena Aku, melainkan oleh karena kamu.

Joh 12:31 Sekarang berlangsung penghakiman atas dunia ini: sekarang juga penguasa dunia ini akan dilemparkan ke luar;

Joh 12:32 dan Aku, apabila Aku ditinggikan dari bumi, Aku akan menarik semua orang datang kepada-Ku."

Joh 12:33 Ini dikatakan-Nya untuk menyatakan bagaimana caranya Ia akan mati.

Joh 12:34 Lalu jawab orang banyak itu: "Kami telah mendengar dari hukum Taurat, bahwa Mesias tetap hidup selama-lamanya; bagaimana mungkin Engkau mengatakan, bahwa Anak Manusia harus ditinggikan? Siapakah Anak Manusia itu?"

Joh 12:35 Kata Yesus kepada mereka: "Hanya sedikit waktu lagi terang ada di antara kamu. Selama terang itu ada padamu, percayalah kepadanya, supaya kegelapan jangan menguasai kamu; barangsiapa berjalan dalam kegelapan, ia tidak tahu ke mana ia pergi.

Joh 12:36 Percayalah kepada terang itu, selama terang itu ada padamu, supaya kamu menjadi anak-anak terang." Sesudah berkata demikian, Yesus pergi bersembunyi dari antara mereka.


Tafsiran Wycliffe


Yesus di Betania yang Yerusalem (12:1-50).

Rangkaian peristiwa yang dikisahkan di sini ialah: pengurapan Yesus oleh Maria di Betania (1-11); memasuki Yerusalem (12-19); kedatangan orang-orang Yunani (20-26); kesadaran Yesus akan penderitaan-Nya yang makin dekat (27-36); ketidakpercayaan orang-orang dan para pemimpin mereka (37-43); undangan terakhir Yesus kepada umum untuk beriman (44-50).

Perjamuan di Betania dikisahkan dengan berbagai variasi tertentu dari kisah-kisah dalam Injil Matius dan Markus.

20. Gerakan mengikuti Yesus dilanjutkan dengan peristiwa datangnya sekelompok orang Yunani yang ingin bertemu Yesus.

Mereka mewakili dunia dalam arti yang lebih luas daripada yang dimaksudkan orang-orang Farisi tadi.

Cocok sekali, bahwa beberapa orang Yunani itu muncul sekarang, pada malam sebelum masa Sengsara.

Mereka akan memperoleh manfaat dari kematian Sang Juruselamat, sebagaimana halnya sejumlah besar orang bukan Yahudi yang mereka wakili.

Orang Yunani datang untuk beribadah pada hari raya itu, walaupun adat Yahudi membatasi mereka hanya sampai di Pelataran orang Bukan Yahudi, namun tidak lama lagi, di dalam Kristus, tembok pemisah itu akan diruntuhkan.

Kelihatannya orang-orang ini mirip Kornelius di kemudian hari.

Mereka dapat disebut sebagai orang yang takut kepada Allah, tetapi bukan penganut yang telah bergabung menjadi jemaat Israel.

21. Filipus adalah nama Yunani. Murid ini dengan sendirinya merupakan jembatan menuju kepada Yesus.

Bertemu dengan Yesus, maksudnya: berbincang-bincang dengan Yesus.

22. Andreas juga merupakan nama Yunani. Murid ini tampaknya mengkhususkan diri untuk membawa orang kepada Kristus (1:41; 6:8, 9).

23. Tanpa berbicara langsung kepada orang-orang Yunani tersebut, Yesus memenuhi kebutuhan mereka.

Mereka tidak perlu menaati lama untuk dapat memetik manfaat dari misi-Nya - Telah tiba saatnya Anak Manusia dimuliakan.

Hal ini dijelaskan di dalam ayat berikutnya.

Di dalam Injil Yohanes, pemuliaan diawali dengan kematian dan mencakup kebangkitan.

24. Biji gandum. Alam yang menyediakan perumpamaan tentang karier Yesus.

Tanpa kematian, hidup-Nya terpencil, tidak memiliki kekuatan untuk meningkat.

Kematian merupakan kunci menuju buah-buah rohani.

25. Barangsiapa mencintai nyawanya. Prinsip yang sama berlaku bagi para murid, "Barangsiapa berusaha mengumpulkan bagi dirinya hal-hal yang dapat binasa, akan binasa bersama dengannya; barangsiapa membebaskan diri dari segala sesuatu yang berasal dari dunia ini, berarti mempersiapkan diri untuk hidup yang lebih tinggi" (Westcort, op. cit).

26. Ia harus mengikut Aku. Melayani Kristus berarti mengikut Dia, bahkan sampai mati.

Tindakan ini akan memperoleh upah ikut mengalami masa depan yang mulia bersama dengan Dia, termasuk pengakuan oleh Bapa.

Kemungkinan ini terbuka bagi barangsiapa pun (Yunani maupun Yahudi).

27. Dengan berbicara tentang hal-hal ini, Yesus makin benar-benar menyadari akan harga yang sesaat lagi akan Ia bayar untuk mengisi jabatan-Nya sebagai Penebus.

Selamatkanlah Aku? Ungkapan ini merupakan percikan dari kesedihan Getsemani.

Yesus sesungguhnya cenderung ingin terhindari dari saat yang makin dekat itu.

Doa semacam itu memberikan kesaksian yang mengesankan tentang betapa mengerikannya saat tersebut.

Tetapi, pengabdian Yesus demikian sempurna, sehingga Dia tetap akan menghadapinya.

Untuk itulah Dia datang.

Karena itu, doa tersebut tidak diperpanjang.

28. Doa yang lain dipanjatkan sebagai gantinya.

Muliakanlah Nama-Mu. Bapa akan melakukan hal ini ketika Dia memberikan kemampuan kepada Anak untuk menghadapi saat-Nya dan menyelesaikan misi-Nya.

Aku telah memuliakan-Nya. Kemuliaan Sang Anak, yang diwujudkan dalam hidup dan karya-Nya sampai sejauh ini, mencerminkan kemuliaan Sang Bapa.

Aku akan memuliakan-Nya lagi, yaitu di dalam Kesengsaraan tersebut, yang akan berakhir di dalam Kebangkitan dan Pemuliaan.

29. Orang banyak, yang pemahamannya terbatas telah salah menafsirkan kesaksian Bapa.

31. Saat-Nya Yesus bukan hanya akan membawa penderitaan bagi Dia, tetapi juga penghakiman atas dunia penuh dosa yang akan membuat Dia harus disalibkan, dan kehancuran bagi Iblis yang mengatur sistem dunia ini.

Kristus yang ditolak, akan menolak orang yang mendorong orang banyak yang menolak diri-Nya (bdg. Kol. 2:15).

32. Kristus sendiri, ketika tampaknya kalah, sesungguhnya bisa menarik orang kepada diri-Nya melalui kuasa pengorbanan-Nya.

Kemuliaan akan menang atas kehinaan.

Kemenangan akan memancar menerobos tragedi yang gelap.

Aku akan menarik semua orang datang kepada-Ku, termasuk orang-orang Yunani, akan datang untuk mengalami tarikan dari kasih penebusan-Nya.

Kepada-Ku. Keselamatan adalah kepada Kristus dan juga melalui Dia.

33. Caranya Ia akan mati. Ditinggikan artinya sama dengan penyaliban.

Yesus mengetahui, bahwa Dia tidak akan mati karena dilempari batu.

34. Mesias sebagaimana dinantikan umat itu sesuai Taurat (Perjanjian Lama secara umum) tetap hidup selama-lamanya.

Jadi bagaimana mungkin, Yesus sebagai Anak Manusia dapat menggenapi harapan tersebut dengan ditinggikan untuk mati?

Anak Manusia yang bisa mati tidaklah sesuai dengan Mesias yang mereka nantikan.

Harapan yang mereka miliki ketika Kristus memasuki Yerusalem, kini hancur.

35-36. Sebelum hubungan dengan orang-orang itu terputus, Kristus mengingatkan mereka, bahwa terang hanya akan bersinar untuk waktu yang terbatas.

Apabila mereka tidak menerima terang tersebut, kegelapan akan meliputi mereka.

Peringatan itu tampaknya tidak diperhatikan.

Yohanes merangkum perlawanan terhadap terang yang berlanjut terus hingga akhir (ay. 37-43).

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel