Yohanes 13:36-38: Yesus Memperingatkan Petrus

Klik:

Joh / Yohanes 13:36-38


Joh 13:36 Simon Petrus berkata kepada Yesus: "Tuhan, ke manakah Engkau pergi?" Jawab Yesus: "Ke tempat Aku pergi, engkau tidak dapat mengikuti Aku sekarang, tetapi kelak engkau akan mengikuti Aku."

Joh 13:37 Kata Petrus kepada-Nya: "Tuhan, mengapa aku tidak dapat mengikuti Engkau sekarang? Aku akan memberikan nyawaku bagi-Mu!"

Joh 13:38 Jawab Yesus: "Nyawamu akan kauberikan bagi-Ku? Sesungguhnya Aku berkata kepadamu: Sebelum ayam berkokok, engkau telah menyangkal Aku tiga kali."


Tafsiran Wycliffe


Percakapan di Ruang Atas (13:31-16:33).

Kata-kata Yesus yang berharga ini, diucapkan dalam kaitan dengan kepergian-Nya kepada Bapa sesaat lagi, dan juga mengingat keadaan yang akan dialami para pengikut Tuhan tanpa kehadiran diri-Nya (16:4).

Terdapat tiga alur ajaran utama yang bisa ditangkap:

(1) Perintah-perintah menyangkut tugas yang harus dilaksanakan oleh para murid, yaitu bersaksi dan menghasilkan buah dengan diikat dan diliputi oleh kasih.

(2) Peringatan-peringatan tentang perlawanan dari dunia dan Iblis yang akan mereka hadapi.

(3) Dan yang terutama ialah suatu paparan tentang perlengkapan dari Tuhan yang akan menyokong kehidupan para murid, dan menjadikan mereka berkemenangan pada hari-hari yang akan datang.

Kadang-kadang pengajaran Tuhan diganggu oleh pertanyaan para murid, yang merupakan suatu petunjuk, bahwa mereka kekurangan pengertian dalam banyak hal.

36-38. Petrus menolak untuk menerima kemungkinan perpisahan itu.

Kepadanya diberitakan, bahwa dia tidak dapat mengikuti Kristus sekarang, tetapi kelak Petrus akan mengikuti-Nya (bdg. Yoh. 21:19).

Dia bersedia untuk ikut sekarang, bahkan untuk memberikan nyawanya bagi Tuhan.

Kepastian diri tersebut perlu ditegur.

Pasal 14 sebagian besar membahas dorongan-dorongan khusus untuk mengimbangi kepergian Yesus, pengkhianatan Yudas, dan kegagalan Petrus yang sudah diramalkan sebelumnya.

Dorongan-dorongan tersebut ialah: kepastian penyediaan tempat di rumah Bapa; kedatangan Kristus kembali menjemput umat-Nya; kemungkinan untuk melakukan perbuatan-perbuatan yang lebih besar; pengaruniaan Roh Kudus; dan pemberian damai sejahtera Kristus.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel